Politik

Zulkifli Berang dengan Status Goenawan Mohamad Soal Amien Rais

Ketua MPR Zulkifli Hasan menanggapi cuitan budayawan Goenawan Mohamad (GM) soal Amien Rais.

Lewat akun Twitter @gm_gm, Goenawan Mohamad mengunggah foto Amien Rais sedang duduk dengan kepala menunduk. Dituliskannya keterangan di foto tersebut: “Tegaklah, Mas Amien Rais. Anda terima Rp 600 juta tapi belum tentu bersalah. Kita tak boleh cepat mencerca, bukan?”

Screenshot Twitter.com/gm_gm

Cuitan itulah yang nampaknya membuat berang Zulkifli Hasan. Adapun foto tersebut diambil saat Amien Rais sedang menunggu putrinya, Hanum Rais, melahirkan.

“Banyak sekali respons meluas, Pak Amien jadi hero sekarang. Apalagi setelah ada budayawan senior Goenawan Mohamad memperlakukan Pak Amien seperti itu juga di Twitter-nya, padahal waktu itu menunggu Hanum melahirkan, sedang berpikir khusyuk bertarung dengan maut,” ujar Zulkifli di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Senin (5/6/2017).

“Bayangkan, di-capture sedemikian rupa, masak begitu? Dia senior, budayawan, kita hormati kok berlakunya aneh? Mari kita hentikan,” kata Zulkifli.

Penggunaan foto tersebut juga sempat dipersoalkan oleh putri Amien Rais, Hanum Rais. Hanum menyayangkan penggunaan dan penempatan foto tersebut.

“Foto ini diambil oleh suami saya @rangga_alma scara candid pd ayah yg terus zikir saat saya meregang nyawa.Fitnahmu abadi.Usiamu tidak bung,” ujar Hanum.

Kembali ke Zulkifli, Ketum PAN ini menambahkan uang yang diberikan dari Soetrisno Bachir kepada Amien tidak berkaitan dengan pengadaan alat kesehatan. Ia meminta semua pihak tidak mempolitisasi kasus tersebut.

“Sudah jelas ini terang benderang bulan suci Ramadan jangan digoreng-goreng. Sudah jelas itu uangnya Mas Tris. Hubungan dengan Pak Amien dari tahun ’90-an, ’80-an, di rekening itu ribuan orang dibantu Mas Tris, jumlahnya puluhan miliar. Pak Amien itu salah satu saja,” tuturnya.

Sementara itu, kepada detikcom Goenawan menanggapi sikap keberatan pihak Amien Rais terkait cuitan tersebut. Goenawan pun meminta Zulkifli untuk membaca lebih jelas cuit-cuitannya.

“Apa dia sudah baca lengkap semua tweet saya?” kata Goenawan kepada detikcom, Senin (5/6/2017).

Goenawan kembali mengulang tweet yang sempat dituliskannya. “Tweet saya berisi Amien rais terima uang Rp 600 juta, tetapi belum tentu membuktikan dia korupsi. Kita harus pakai asas praduga tak bersalah untuk dia, seharusnya juga untuk Ahok,” kata Goenawan.

Menurutnya, Amien Rais yang menerima uang Rp 600 juta belum tentu membuktikan mantan Ketua Umum PAN itu melakukan korupsi. “Praduga tidak bersalah itu penting,” kata Goenawan.

“Ketika Ahok dituduh, musuh-musuhnya tidak mau memegang prinsip praduga tidak bersalah. Tidak adil. Saya tidak mau ikut tidak adil, juga terhadap Amien Rais,” sambungnya.

Selain itu, foto Amien Rais yang diunggahnya pun tidak menyinggung. Goenawan menyebut pose Amien Rais itu menunjukkan sikap prihatin.

“Foto itu menunjukkan Amien Rais prihatin bagi saya. Saya heran mengapa tersinggung? Itu buruk sangka namanya,” kata Goenawan.

 

Artikel Lain