Ekonomi dan Bisnis

Mudik Lebaran, Jangan Naik Bus yang Tak Berstiker Biru

Sebentar lagi sebagian warga akan melakukan ‘ritual’ tahunan, yaitu mudik libur Lebaran. Mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengeluarkan himbauan berkaitan dengan keselamatan pemudik.

“Mengimbau kepada semua pemudik, kalau naik bus, carilah yang menggunakan stiker biru. Kalau tidak menggunakan stiker biru, jangan dinaiki, ya. Karena apa, kami sudah sepakat dengan kepolisian, bus yang tidak berstiker artinya tidak dilakukan ramp check. Kita akan hentikan di mana pun ia berada,” kata Budi di Istana Negara, Jl Veteran, Jakarta Pusat, Kamis (15/6/2017).

Jajaran Kemenhub saat ini masih melakukan ramp check kepada seluruh moda angkutan untuk memastikan mudik lancar dan aman. Menurut Budi, saat ini sebagian besar sudah dilakukan pengecekan.

Stiker biru menjadi penanda bus sudah lolos ramp check atau pemeriksaan uji kelaikan kendaraan.

“Kita melakukan penelitian dan cek kepada seluruh moda angkutan dan sudah dilakukan sejak satu bulan lalu. Udara, laut, kereta api sudah kita lakukan, praktis 90 persen selesai. Tadi di Surabaya hanya beberapa. Darat memang agak alot, dari seminggu yang lalu baru 60 persen, tapi 2 hari lalu sudah 70 persen,” ujar Budi.

Kemenhub juga menggandeng Kementerian PUPR untuk melakukan ramp check. Budi menargetkan ramp check selesai pada Jumat (16/6) besok.

“Nah, kalau sudah terjadi, harapannya semua angkutan itu nanti menggunakan stiker berwarna biru,” kata Budi.

 

Artikel Lain