Female, Kesehatan

Kebutuhan Nutrisi Penting Untuk Persiapan Kehamilan

Kehamilan adalah salah satu fase dalam hidup wanita yang amat penting dan bersejarah. Oleh karena itu, persiapan kehamilan butuh nutrisi yang cukup untuk ibu hamil agar perkembangan janin baik fisik maupun otaknya berkembang dengan sempurna. Lalu, apa saja kebutuhan asupan yang dibutuhkan oleh calon ibu?

  1. Kalsium

Kalsium merupakan salah satu kebutuhan utama baik saat merencanakan maupun saat menjalani fase kehamilan. Pertumbuhan tulang janin sangat ditentukan oleh kalsium. Jadi, perbanyaklah makan ikan terutama ikan teri yang mengandung banyak kalsium. Selain itu, peran susu juga penting karena bisa membooster jumlah kalsium dalam tubuh.

Jika jumlah asupan kalsium kurang, selain pertumbuhan janin terganggu Anda juga bisa mengalami beberapa masalah. Contohnya adalah nyeri tulang atau sakit gigi. Itulah sebabnya banyak ibu hamil yang sakit gigi meskipun tidak ada riwayat karang gigi. Kalsium yang dibutuhkan dua orang jelas lebih banyak dan harus dipenuhi secara lengkap.

  1. Vitamin C

Banyak fakta yang mengungkapkan bahwa obat – obatan akan membawa efek buruk bagi janin. Oleh karena itu, vitamin C yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh sangat penting agar ibu hamil tidak mudah terserang penyakit. Vitamin C bisa didapatkan dari hampir semua buah – buahan terutama yang berasa asam.

Selain berguna untuk menjaga kekebalan tubuh, vitamin C juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit baik ibu hamil maupun janin. Banyak ibu hamil yang menghindari kosmetik karena memang cukup rawan bagi janin, sehingga kulit wajah menjadi kusam. Untuk mengatasi hal tersebut, konsumsi vitamin C sangat baik dan alami.

  1. Protein

Protein mempunyai istilah lain sebagai zat pembangun. Dalam artian, terbentuknya sel – sel baru bagi ibu hamil dan janin bisa sangat terbantu jika asupen proteinnya cukup. Banyak catatan tragedi bayi lahir dengan ukuran sangat kecil atau mengalami malnutrisi akibat kekurangan protein. Jadi sebaiknya ibu rajin mengkonsumsi protein.

Makanan yang mengandung protein antara lain hati ayam kampung, telur ayam kampung, tempe, tahu dan ikan. Usahakan untuk selalu mengkonsumsi protein dari ayam kampung agar hasilnya lebih optimal.

Itulah tadi beberapa zat gizi utama yang banyak dibutuhkan oleh ibu yang sedang merencanakan kehamilan atau menjalaninya. Setiap kehamilan dari anak keberapapun adalah penting, sehingga uaha yang optimal untuk mencukupi kebutuhan gizi ibu dan janin adalah prioritas utama. Jangan mempertaruhkan sedikit biaya lebih mahal demi perkembangan anak seumur hidup. Karena makanan ibu adalah awal tercukupinya gizi anak.

 

Artikel Lain