Kesehatan

Jahe Merah, Rempah yang Kaya Akan Khasiat

Bagi masyarakat Indonesia, jahe yang diseduh dengan air panas dan ditambah gula atau madu menjadi minuman tradisional yang masih eksis hingga kini. Hal ini lantaran minuman jahe mampu menghangatkan badan kala udara dingin datang.

Cara pembuatan yang simpel dan bahan yang bisa ditemukan dengan mudah serta khasiat dalam jahe membuat minuman ini tetap populer meski kini telah hadir berbagai macam produk minuman yang diklaim berkhasiat.

Pada dasarnya, jahe terbagi menjadi tiga jenis yaitu jahe putih, jahe kuning dan jahe merah. Baik jahe putih, kuning atau merah memiliki khasiat yang hampir sama, namun konsentrasi pedas serta rasa pahit yang paling terasa adalah pada jahe yang berwarna merah.

Senyawa yang terkandung dalam jahe memiliki 2 golongan yaitu berdasar kemudahan menguap yaitu senyawa volatil dan juga senyawa non volatil yaitu senyawa yang memberikan sensasi rasa pedas. Apabila Anda menumbuk jahe, maka aroma yang kuat akan timbul dan ketika menghirupnya, suasana hangat pun akan terasa di hidung. Hal ini lantaran jahe mengandung minyak atsiri yang menjadikan aroma serta rasa jahe menjadi begitu khas. Selain itu jahe juga mengandung senyawa oleoresin yang bermanfaat sebagai bahan aktif dalam pengobatan batuk, analgesic dan untuk menurunkan panas.

Berdasarkan penelitian, jahe juga terbukti bermanfaat untuk anti peradangan, mual, asma, batuk dan rematik. Selain itu peneliti dari Jepang juga menyatakan bahwa jahe memiliki efek tonik untuk area hati sehingga bisa menurunkan tekanan darah serta menurunkan tingkat kolesterol dalam darah dan hati. Tak hanya itu banyak penelitian yang membuktikan bahwa jahe mampu menurunkan efek mual setelah kemoterapi atau sesudah pembedahan. Bahkan jahe juga aman dikonsumsi untuk mengurangi mual saat kehamilan dengan dosis tertentu.

Jahe merah juga mengandung sejumlah zat gizi seperti vitamin B1, vitamin C, asam amino dan masih banyak lagi sehingga sangat bermanfaat dalam mengobati peradangan, pendarahan, mengurangi pegal serta luka bakar di area kulit. Berikut ini ulasan kandungan serta khasiat dalam jahe, yaitu:

  1. Anti peradangan dan kram

Kandungan phenol yang ada dalam jahe telah terbukti ampuh untuk meredakan peradangan pada sendi dan otot. Para tabib China pun sejak jaman dahulu menggunakan jahe sebagai obat untuk mengatasi kram pada perut karena menstruasi.

  1. Obat masuk angin

Dengan mengkonsumsi jahe saat masuk angin, maka jahe mampu membantu merangsang keluarnya gas dari dalam perut yang membuat perut mual. Hal ini lantaran jahe bermanfaat sebagai karminativum. Selain itu jahe juga bisa menyembuhkan dari gejala batuk serta flu ringan.

  1. Meningkatkan nafsu makan

Penelitian menyebutkan bahwa enzim protease dan lipase yang ada dalam jahe berfungsi sebagai pemecah lemak dan protein. Enzim inilah yang mampu membantu dalam mencerna dan penyerapan makanan sehingga nafsu makan pun meningkat.

  1. Menurunkan kadar asam lambung

Di dalam jahe terkandung senyawa aseton dan methanol yang menghambat iritasi yang terjadi di area saluran pencernaan. Ketika aseton dan methanol bereaksi, hal ini membuat nyeri pada lambung bisa berkurang secara signifikan.

Itulah beberapa khasiat jahe merah yang bisa didapatkan jika Anda mengkonsumsinya dengan cara yang benar dan sesuai anjuran. Selain jahe segar, kini telah tersedia di pasaran produk jahe seperti jahe kering, ekstrak jahe, minyak jahe dan jahe bubuk yang bisa Anda konsumsi sesuai kebutuhan.

 

Komentar Facebook

You Might Also Like