Kesehatan

5 Cara Alami Mengetahui Awal Mula Kehamilan

Mendengar kabar akan menjadi orang tua, tentu adalah salah satu kabar yang begitu menyenangkan terutama bagi pasangan yang baru saja menikah. Hal tersebut dikarenakan, pada setiap pasangan yang telah menjalin pernikahan tentu sangat berharap memiliki keturunan yang baik, soleh, pintar, dan rupawan. Kendati demikian, tentu adapula yang harus menunggu beberapa bulan, hingga bertahun-tahun diberikan keajaiban hadirnya sang buah hati.

Kendati demikian, banyak sekali pasangan muda yang tidak sadar bahwa istrinya saat ini sedang mengandung. Pasalnya, berbagai rutinitas sehari-hari yang begitu sibuk, sehingga kurang memperhatikan kondisi fisik dan psikologis, sehingga hal tersebut sering terabaikan.

Parahnya lagi, adapula yang tidak sadar sedang mengandung sehingga tidak mempedulikan kondisi tubuh, sehingga proses pertumbuhan janin menjadi tidak sempurna. Oleh karena itu, tentu penting cara mengetahui kehamilan secara alami sebagai berikut.

  1. Sering Mual-Mual

Pada beberapa wanita, kondisi mual-mual adalah salah satu gejala yang sering dijadikan sebagai tanda kehamilan. Meskipun tidak semua orang mengalami rasa mual saat proses kehamilan. Namun, jika Anda mengalami rasa pusing dan mual, Anda harus langsung mencoba test pack untuk memastikan kehamilan Anda.

  1. Lebih Mudah Lelah

Pertanda kehamilan lainnya adalah rasa mudah lelah yang terjadi pada tubuh Anda. Hal ini berbeda dengan rasa lelah dikarenakan aktifitas sehari-hari. Pasalnya, beberapa orang hanya melakukan aktifitas ringan, ibu hamil biasanya mengalami rasa lelah dan ngantuk.

  1. Terlambat Datang Bulan

Beberapa wanita, pada umumnya selalu mencatat dan mengetahui perkiraan waktu ia akan datang bulan. Siklus tersebut biasanya jarang terjadi perubahan. Oleh karena itu, salah satu cara yang paling mudah memperkirakan awal mula proses kehamilan adalah ditandai dengan terlambatnya Anda datang bulan.

  1. Adanya Bercak

Berbeda dengan darah pada saat datang bulan. Bercak pada tanda kehamilan ini, sangat sedikit sekali. Sehingga Anda bisa mengetahuinya hanya dirasakan oleh istri hamil saja. Selain itu, Anda juga bisa memastikan di celana dalam Anda untuk melihatnya lebih jelas. Bercak ini, hanya terjadi pada awal mula proses pembuahan. Sehingga Anda bisa membedakan dengan datang bulan.

  1. Perubahan Fisik

Hal lainnya untuk mengetahui tanda Anda sedang mengalami kehamilan adalah dari perubahan fisik. Baik itu dari badan yang semakin membesar, ataupun payudara yang siap untuk proses menyusui. Dari perubahan warnapun, payudara pada ibu hamil biasanya lebih gelap dan lebih sensitif.

 

Artikel Lain